Rabu, 20 Mei 2009

Tembus 14.500 Rpm



2102jupiter-cep-sena-axl-1.jpgSenjata baru, sudah disiapkan buat Cep Sena. Ya! Tracker asuhan tim Alexandro Racing Team (ART) ini, sudah bekali dirinya dengan pacuan anyar di kelas bebek modifikasi 4-tak. Senjata itu, Yamaha Jupiter-Z racikan Eko ‘Kewer’ Nugroho. Mantapnya, pacuan ini berkitir hingga 14.500 rpm lho. Ih, serem!

2103jupiter-cep-sena-axl-2.jpg


“Banyak ubahan part yang dukung hingga mesin bisa teriak 14 ribu rpm. Salah satunya, ubahan balancer dan magnet,” ujar pria yang punya workshop Sindu Racing di Jl. Wates, KM. 7, Jogja.

Wah diapain tuh? Tenang! Agar rpm bawah bisa dikail sempurna dan mampu kejar rpm tinggi, balancer asli milik Yamaha Jupiter pun dibubut buat mengurangi bobot. Kini balancer hanya tersisa menjadi
650 gram.

Lanjut ke magnet. Enggak mau kalah enteng, kini magnet dibuat menjadi 950 gram. “Magnet yang dipakai punya Yamaha Vega kode 5R10,” ujar pria yang dipercaya Mico Alexandro, pemilik ART.

2105jupiter-cep-sena-axl-4.jpgDengan magnet dan balancer yang ringan, tentunya putaran kruk as pun juga Nikolebih enteng berputar dong. Itu Em-Plus rasakan sendiri ketika latihan bareng Cep Sena, beberapa waktu lalu. Makin mantap lagi, otak pengapian ditemani CDI programable dari Rextor.

“Pakai yang tipe Extrem. Ketika di dyno, mesin pun bisa teriak hingga rpm 14.500,” ujar Abu Liong, mekanik tim ART. Namun karena grasstrack lebih dominan pentingkan torsi ketimbang power, maka timing tertinggi diset 36º di 10 ribu rpm.

Mantapnya kitiran mesin ini, juga gak terlepas dari aplikasi piston Izumi 55 mm. Piston ini punya dome 4 mm. “Bagian dome buat klep isap sudutnya dibuat 29º dan klep buang dipatok di 32,5º,” ungkap Kewer yang siap diajak konsultasi lebih.

KOMPRESI 14,5 PSI2104jupiter-cep-sena-axl-3.jpg

Menemani piston 55 mm yang menggebuk ruang bakar, klep milik Honda Sonic pun diaplikasi. Namun dari ukuran 28/ 24 mm, klep pun dibubut lagi menjadi 27,5 mm (isap) dan 23 mm (buang).

“Tujuannya agar flow bahan bakar lebih lancar dengan payung klep yang masih bisa ditipiskan,” aku Eko. Kinerja klep pun ditemani noken as alias kem dengan durasi 266º. Durasi klep in dan out pun dibuat sama agar power bawah dan atas tetap seimbang.

Dengan durasi itu, biar makin padat head dipapas 0,8 mm. Lalu, squish dibuat jadi 9º dengan diameter kubah sekitar 39 mm. Akhirnya, komposisi ini menjadikan kompresi Jupiter 14,5 psi.

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Swallow 70/100-19
Ban belakang : Swallow 90/100-16
Setang : Renthal
Sok belakang : Kayaba
Sok depan : Yamaha YZ85
Karburator : Keihin PE 28
Main/ pilot jet : 112/ 60
Sindu Racing : 0815-7893-5530

Penulis/Foto : Eka/Herry Axl




0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com